Cara Install Python 3.6.0 pada Kali NetHunter

Cara Install Python 3.6.0 pada Kali NetHunter

Berbeda dengan langkah instalasi Python2 (Python-2.7) yang hanya perlu mengetik perintah sudo apt-get install python, Instalasi Python3 untuk Kali NetHunter (Kalilinux Android) dimana jika anda mengikuti tutorial dari saya sebelumnya akan kerepotan (saya juga). Karena pada repositori Kalilinux tidak ada. Mau tidak mau, anda mesti melakukan pengambilan source dari python.org sendiri dan melakukan compile sendiri.

Selain itu, karena repositori awal masih menggunakan rilis kali-sana, anda juga mesti menggantinya menjadi repositori kalilinux yang baru (kali-rolling) atau jika masih ingin menggunakan repositori kali-sana ganti domain repositori menjadi old.kali.org

kali nethunter python 3 instalation

Persiapan Instalasi Python 3.6.0


Sebelum memasang Python3 pada Kali Nethunter, pastikan anda perlu melakukan compile sendiri dari kode sumber yang nantinya akan anda download (wget) dari python.org. Untuk itu, anda membutuhkan compiler C dan beberapa hal lain yang diperlukan.

Untuk memulai konfigurasi, silahkan buka NH Terminal dan pilih Kali (bukan Android atau AndroidSU). Setelah masuk root@kali:~/ ketik perintah berikut:
sudo apt-get update build-essential
Selain itu anda juga mebutuhkan SQLite libs agar Python mendukung SQLite. Ketik perintah berikut pada NH Terminal

sudo apt-get install libsqlite3-dev
sudo apt-get install sqlite3 # command line untuk klien
sudo apt-get install bzip2 libbz2-dev

Proses instalasi diatas membutuhkan koneksi data, sekitar 50MB.

Download Source Code, Compile dan Cara Instalasi Python 3.6


Usahakan tidak ada kesalahan pada tahap sebelumnya. Sehingga anda natinya tidak kerepotan saat proses compiling dan pemasangan Python 3.6 ini.

Kembali lagi ke NH Terminal. Anda perlu mengunduh source code dari Python 3.6.0 terlebih dahulu dengan mengetik perintah:

wget http://www.python.org/ftp/python/3.6.0/Python-3.6.0.tar.xz

Setelah terdownload, ekstrak file Python-3.6.0.tar.xz dengan perintah:

tar xJf ./Python-3.6.0.tar.xz

Pindah ke direktori hasil ekstarksi dengan mengetik perintah:

cd ./Python-3.6.0

Dari sini lakukan konfigurasi source code dengan perintah:

./configure

Atau

./configure --prefix=/opt/python3.6

Tujuan penggunaan opsi --prefix adalah agar seandainya anda ingin memasan versi lain (misal, versi 2.7) tidak terjadi bentrok dan bisa digunakan terpisah.
Setelah proses konfigurasi berhasil dengan baik, anda bisa melakukan compiling sekaligus mealukan pemasangan setelah proses compile selesai dengan mengetik perintah berikut:

make && sudo make install

Alasan untuk menggabung dua perintah sekaligus adalah karena proses compile sendiri membutuhkan waktu yang lama. Dengan cara ini, anda tidak perlu menunggu proses compile selesai baru melakukan pemasangan.

Langkah terakhir ini memakan waktu, silahkan tinggal ngopi atau mandi. Selesai

Share this:

Disqus Comments