Download Minimal ADB dan Fastboot Ringan Efisien

Download Minimal ADB dan Fastboot Ringan Efisien

Seperti yang sudah Anda ketahui (maksud saya anda yang terbisa meng-oprek Android), ADB dan Fastboot adalah dua tool yang paling dibutuhkan untuk memanipulasi dan memodifikasi perangkat Android. Kedua tool tersebt, memunyai kemampuan untuk melakukan segala macam tindakan mulai dari yang sederhana seperti mem-push dan mem-pull file tertentu ke/dari divice android, untuk unlock bootloader hingga untuk mem-flashing custom image recovery. ADB and Fastboot meruoakan sebuah tool yang digunakan hampir setiap orang yang biasa bermain-main dengan perangkat Android dengan berbagai macam explorasi dalam penggunaan-nya.

Meskipun bersifat sederhana, kedua utilitas ini sebenarnya terus mendapatkan versi update. Dan untuk menyetting ADB dan Fastboot seringkali membuat bingung bagi yang kurang berpengalaman. Cara yang sudah pasti dan jamak digunakan untuk mendapatkan versi terbaru adalah dengan mendownload SDK Android. Tetapi, dengan cara tersebut, sangat tidak efisian. Kita membuang-buang bandwith untuk mendownload file sebesar itu hanya untuk mendapatkan tool yang relatif kecil. Dan jujur saja​​, saya tidak punya waktu untuk mendownload file sebanyak itu (bayangkan saja, 90 MB lebih untuk ADB-nya sedangkan ADB yang komplit sekitar 425 MB lebih) dengan bandwith yang pas-pasan. Jadi, saya merasa senang ketika ada seorang anggota forum XDA Dev membuat sebuah tool bernama Minimal ADB and Fastboot Installer.

Angota Forum XDA, shimp208 menciptakan sebuah tool installer ADB & Fastboot ringan yang merupakan installer berbasis Windows yang mampu men-deteksi versi terbaru dari ADB dan Fastboot sebelum menginstal ADB dan Fastboot ke komputer (PC/Laptop). Sehingga anda tidak perlu men-download file Android SDK yang besar hanya untuk mendapatkan ADB & fastboot terbaru. Dan Ketika proses instalasi selesai, ADB dan Fastboot versi terbaru anda sudah siap digunakan untuk meng-oprek device Android anda. Sederhana bukan? dan yang terpenting: Minimal ADB and Fastboot Installer ini ringan dan efisien.

  • Minimal ADB Fasttboot v1.0.0
  • Minimal ADB Fasttboot v1.1.2
  • Minimal ADB Fasttboot v1.1.3


  • Minimal ADB Fasttboot v1.2.0


  • Minimal ADB Fasttboot v1.3.0


  • Minimal ADB Fasttboot v1.3.1


  • What you need to know:

    Compatibility: The installation package works for both Windows 32 bit and Windows 64 bit computer (including windows xp, windows vista, windows 7, windows 8, 8.1 and windows 10). Wich Version: If you are trying to install the old version of minimal adb and fastboot then you might face compatibility error, so try to install the latest version only. What do you need before it: Install the proper usb driver for your device, then you can install the minimal adb and fastboot tool on your computer (as because minimal adb and fastboot will only able to detect your device if the device driver is installed properly). For who the Credits should be passed: Minimal ADB and Fastboot tool is created by shimp208 (XDA Developer). So, full credits goes to the developer for the tool.

    First published at: 6/14/2013

Share this:

Disqus Comments